Senin, 21 Mei 2012

cara belajar efisien dan efektif belajar


BINGUNG ATAUU MALAS BELAJAR??
MAKANYAA CARI TIPSNYA.,.,

Tips Belajar yang Efektif dan Efisien
1.     Fresh
Pastikan pikiran dan tubuh kalian harus Fresh,,pikiran harus fokus dari   pelajaran,jangan ada masalah atau sesuatu yang dipirkan,jika ada lebih baik jangan belajar dulu,,karena hanya akan menghabiskan waktu belajar kalian saja,belum tentu apa yang kalian pelajari masuk ke otak
. Jika sudah lebih fresh pikirannya baru deh belajar. Tidak hanya pikiran tapi tubuh juga harus fresh,jika kita lelah lebih baik kita beristirahat sejenak jangan dipaksakan untuk belajar karena terkadang tubuh yang lelah membuat kita susah untuk berpikir.
2.    Mood / Suasana Hati
Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar karena dapat dilakukan dengan
menentukan waktu lingkungan serta sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu. Jika
semua itu bisa dijalani maka akan membentuk suatu cara belajar yang baik yang  akan membentuk pola belajar yang teratur. Didalam hati seseorang juga akan membawa dampak bagi suasana moodnya sehingga akan menimbulkan cara belajar yang membosankan.
3.    Understand/Pemahaman
Tandai informasi bahan pelajaran yang tidak kamu mengerti dalam satu unit yang 
dapat difokuskan pada unit tersebut atau menanyakan kepada teman di waktu sebelum kita memulai ujian atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu sendiri.
4.    Recall/Ulang
Setelah belajar satu unit berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan
Kata-kata yang kamu buat sendiri seperti membuat suatu singkatan yang mewakili suatu kata atau hal-hal yang mudah kalian ingat.
5.    Energi/Stamina
Dalam proses belajar tentunya membuuthkan energy yang cukup banyak oleh
Karena itu sebelum kita belajar pastikan dulu keadaan kita tidak lapar jika lapar lebih baik kita makan terlebih dahulu karena dengan makan membuat stamina kita kembali terisi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar