Selasa, 22 Mei 2012

Tips Memilih Jurusan di SMA


tIPS mEMILIH jURUSAN

Memasuki jenjang pendidikan SMA, siswa diharuskan memilih jurusan. Jurusan yang harus dipilih ada 3 yakni IPA, IPS dan Bahasa. Dengan memilih jurusan tersebut, siswa akan lebih fokus mempelajari ilmu pengetahuan. Bagaimana kiat memilih jurusan yang pas di SMA. Simak tips berikut ini:


1.    1.   Kenali karakteristik masing-masing jurusan 

      

 

 2.       Kenali Minat dan Bakat


Kenali minat dalam diri. Jika berminat pada hal-hal eksakta, pilihlah IPA. Jika berminat pada ilmu sosial seperti politik dan ekonomi, sebaiknya memilih IPS. Namun, jika lebih tertarik pada sastra dan seni, pilihlah jurusan bahasa.






 3. Mengetahui rencana kuliah. 

Add caption
         Tujuan pendidikan SMA adalah mengantarkan peserta didik menuju ke jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi. Jadi, jika kamu masuk SMA, itu artinya kamu dipersiapkan untuk bisa melanjutkan ke bangku kuliah. Jika ingin sukses di bangku kuliah, perlu dipersiapkan sedini mungkin. Merencanakan memilih jurusan saat kuliah kelak, harus sudah ditentukan sejak di bangku sekolah. Sehingga tidak ada penyesalan seandainya, kelak sudah masuk kuliah, ternyata kamu salah masuk jurusan waktu SMA.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar